Minggu, 07 Oktober 2012

Pengalaman dalam Sistem Informasi

Sistem Informasi? apa sih itu? *mikir*

Sistem Informasi adalah seperangkat elemen yang digabungkan satu dengan lainya untuk suatu tujuan bersama dan menghasilkan suatu informasi.
bicara soal pengalaman dalam Sistem Informasi, dulu saya pernah belajar program java dan salah satu yang saya ingat adalah program pelayanan hotel. karena waktu itu saya penasaran sekali ketika saya menginap di hotel bagaimana cara petugas hotel tersebut bisa mengatur orang orang yang menginap. secara kan waktu nginap dan ruang masing masing penginap kan beda beda tuh.. 

*singkat cerita, saya dan teman saya akhirnya mencoba coba membuat program pelayan hotel. melihat contoh listing dan belajar memodifikasikannya.
setelah berhasil membuat program pelayan itu, ya meskipun sangat sederhana akhirnya saya tahu bagaimana sistem pelayan tersebut. Jadi, tugas penginput(petugas hotel) hanya memasukkan nomor kamar yang di pesan dan jumlah orang yang memesan kamar di hotel. program dapat menginformasikan apakah pemesanan kamar tersebut masih tersedia atau penuh. serta menampilkan harga kamar.

dan juga untuk orang telah memesan kamar, penginput(petugas hotel) dapat menginput makanan apa saja yang telah di pesan. dan secara otomatis program menampilkan harga yang harus dibayar check out jumlah keseluruhan yang harus di bayar.

yap, begitulah pengalaman saya tentang Sistem Informasi. seperti yang kita ketahui operasi dasar dari sistem informasi adalah; Mengumpulkan Informasi, Mengolah Informasi, Menyimpan Informasi dan Menyebar Informasi. dan operasi dasar tersebut dapat kita lihat dalam program pelayan hotel tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar